jump to navigation

Kubu Karsa: Putusan Ini di Luar Dugaan Desember 2, 2008

Posted by n4nachiby in Kumpulan Berita.
Tags:
trackback

JAKARTA, SELASA — Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa Pilkada Jawa Timur di luar dugaan pihak Soekarwo-Syaifullah Yusuf (Karsa). Namun, mereka mengaku ikhlas menerima putusan MK tersebut.

“Ini di luar dugaan. Namun, kita terima karena ini adalah putusan MK,” ujar Syaifullah sebelum meninggalkan ruang sidang MK, Selasa (2/12). Sementara itu, Soekarwo menuturkan, putusan ini merupakan terobosan terbaru dari MK.

Pengacara Karsa, Trimulya Suryadi, mengatakan, putusan yang mengejutkan ini akan berdampak pada pemilu pilkada lain. Sebab, MK seharusnya hanya berwenang memutus tentang penghitungan suara.

“Ini sudah ada pelanggaran. Ya, MK memang mempunyai kewenangan untuk menafsirkan konstitusi. Ini sama dengan ketika MK memutuskan kewenangan KY yang diajukan oleh ke-21 hakim agung,” katanya.

Pengacara Karsa lainnya, Todung Mulya Lubis, juga mengaku terkejut dengan putusan tersebut. Jika ada kesempatan untuk banding, dia akan langsung mengajukan banding. “Namun, putusan MK bersifat final, kami hormati,” ujarnya.

MK, katanya, sesuai putusannya sendiri, No 15 Tahun 2008 cuma berwenang memutuskan penghitungan, bukan pada pelanggaran. Menurut dia, ini berarti kewenangan lembaga lain yang memutus soal pelanggaran seperti diatur dalam UU, seperti kepolisian dan bawaslu, telah diambil alih oleh MK.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: